Hati-hati Dengan Simbol !

Banyak orang yang memakai kaos bergambar simbol-simbol tertentu, tidak menyadari makna dan tujuan dari si pembuat simbol. Para pemakai itu hanya beranggapan bahwa simbol-simbol tersebut hanya untuk gaya, sekedar hiburan, atau untuk gagah-gagahan. Simbol yang dimaksud, misalnya simbol angka 666, simbol bintang segi lima, simbol lambang iblis baphomet, dan lain-lain. Padahal para pembuat simbol tersebut dengan usaha mereka untuk mempopulerkan simbol tersebut, pasti ada makna dan tujuan tertentu. Bagi orang yang mengetahui makna di balik simbol tersebut, pasti mereka tidak akan mau menggunakan asesoris yang mengandung simbol tersebut, seperti contohnya FPI, yang bahkan memusuhinya.

Menurut analisa saya yang tidak ilmiah, tujuan dari para pembuat simbol untuk mempopulerkan simbolnya antara lain adalah, membuat orang untuk merasa familiar dengan simbol tersebut. Dengan terpajangnya simbol tersebut di segala tempat, orang tidak akan merasa was-was dengan simbol tersebut, bahkan merasa familiar. 

Jika suatu simbol  sudah menjadi lambang suatu komunitas, umumnya orang yang ada dalam komunitas tersebut akan merasa bangga, menunjukkan jati dirinya, dan akan berusaha membela komunitasnya. Sebagai contoh, komunitas musisi metal umumnya menggunakan simbol bintang tanduk, atau bintang baphomet untuk menunjukkan dirinya. Kalau saja mereka tahu makna dari lambang tersebut, serta menelusuri lebih jauh lagi, pastilah mereka akan meninggalkan simbol tersebut.

Simbol juga dapat menggerakkan orang untuk mengorbankan dirinya. Apakah Anda merasa bahwa simbol-simbol hanya sekedar hiburan atau untuk bergaya ? Kalau jawabannya ya, lalu mengapa Nazi perlu membuat simbolnya yang perlu dipertahankan sampai titik darah terakhir, mengapa simbol matahari terbitnya Jepang membuat tentara mereka mau melakukan kamikaze, mengapa simbol merah putih membuat pejuang kita mau melawan penjajah dengan hanya bersenjatakan bambu runcing ? Semua dapat terjadi jika orang merasa dirinya adalah bagian dari simbol tersebut. Perlu juga Anda ketahui bahwa wilayah simbol yang membuat orang rela mengorbankan dirinya tidak hanya simbol negara, namun bisa lebih luas, dan bisa juga lebih kecil.

Jadi, hati-hati dengan simbol !

FacebookTwitterGoogle+

2 thoughts on “Hati-hati Dengan Simbol !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>